Wednesday 22 October 2014

Tak Ada Benjolan Belum Tentu Bebas Kanker Payudara

www.obatherbaltradisionalkanker.blogspot.com
Benjolan pada payudara perlu diwaspadai sebagai tanda-tanda kanker. Benjolan dapat teraba saat melakukan pemeriksaan payudara sendiri (sadari). Akan tetapi saat tidak teraba adanya benjolan, bukan berarti seseorang dapat dinyatakan bebas kanker payudara. Pasalnya, pemeriksaan dilakukan oleh orang yang kurang terampil, benjolan-benjolan kecil mungkin tidak akan terasa.


"Lagi pula manifestasi kanker payudara sudah dapat terlihat meskipun belum ada benjolan pada payudara," ujar dokter pakar kanker payudara, Alfiah Amiruddin, dalam sebuah talk show bertajuk "Support Pinktober - Show that you care", beberapa waktu lalu di Jakarta.

Saat pemeriksaan dilakukan dengan rabaan, manifestasi kanker payudara yang belum berupa benjolan tidak dapat terdeteksi. Berbeda halnya saat pemeriksaan dilakukan dengan teknik yang lebih lanjut, misalnya dengan mamografi. Dengan mamografi yang dilakukan secara rutin, pengapuran kecil pada payudara yang merupakan cikal bakal kanker payudara akan dapat terdeteksi.

Dengan kata lain, pemeriksaan dengan mamografi dapat mendeteksi kanker payudara dalam stadium yang lebih dini. "Padahal semakin dini sebuah kanker terdeteksi, semakin besar kemungkinannya untuk sembuh," tandas Alfi.

Selain menggunakan mamogram, deteksi dini kanker payudara juga dapat dilakukan dengan menggunakan ultrasonografi (USG). Pemeriksaan ini lebih disarankan dilakukan oleh seseorang yang usianya di bawah 40 tahun karena struktur payudaranya masih padat. Bila Sadari dilakukan setiap bulan satu minggu setelah menstruasi, maka baik mamografi maupun USG dilakukan setiap satu tahun sekali atau dua tahun tahun sekali, tergantung dari besar kecilnya risiko seseorang terkena kanker payudara.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Caring by Sharing

Editor :
Lusia Kus Anna / www.kompas.com
Penulis : Unoviana Kartika



Tahukah Anda " Obat Herbal Kanker "yang Ampuh Tanpa Effect Samping "
Info Lanjut : Klik Di Sini
 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...