Wednesday 22 October 2014

Sakit Kanker Payudara di Usia Muda? Ini yang Perlu Anda Tahu

www.obatherbaltradisionalkanker.blogspot.com
Risiko seorang wanita untuk menderita kanker payudara memang lebih besar seiring dengan bertambahnya usia. Tetapi, pasien kanker payudara yang berusia kurang dari 40 tahun juga tak sedikit.

Apa saja yang perlu Anda tahu mengenai kanker ini?


1. Kenali payudaramu
Kanker payudara adalah penyebab kematian utama akibat kanker pada wanita berusia 15-34 tahun. Lakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Konsultasikan juga kepada dokter bagaimanakah payudara yang normal dan sehat sehingga Anda bisa mengenali jika ada sesuatu yang aneh.

2. Periksakan
Jika Anda merasa ada "sesuatu" dan orang lain menganggap Anda tak mungkin terkena kanker payudara karena masih muda atau tak ada riwayat keluarga, sebaiknya tetap periksakan. Ada pasien kanker payudara yang belum berusia 20 tahun.

3. Cari opini kedua
Jangan ragu mencari opini kedua atau ketiga untuk mengetahui terapi yang paling tepat untuk Anda. Lagi pula Anda masih punya waktu karena kanker ini tidak seperti kanker lain yang butuh terapi segera. Konsultasikan dengan dokter jenis perawatan yang membuat Anda lebih nyaman dan tanyakan efek sampingnya.

4. Gali informasi
Ketahui tentang stadium dan penyebaran kanker, serta terapi yang diperlukan. Setiap pertanyaan yang Anda tanyakan akan berguna.

5. Cari komunitas
Menderita kanker payudara di usia muda bisa membuat Anda merasa terisolasi. Bergabunglah dengan komunitas survivor untuk mencari dukungan dan berbagi perasaan. Bagaimana pun terkadang hanya orang yang pernah mengalami penyakit ini yang bisa memahami kesulitan yang Anda hadapi.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Caring by Sharing

Sumber :
Editor :
Lusia Kus Anna / www.kompas.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...