Sunday 27 July 2014

Empat Mitos Kanker Yang Wajib Di Hilangkan

www.obatherbaltradisionalkanker.blogspot.com
DALAM peringatan puncak Hari Kanker Sedunia 2014, Plt Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Kemenkes RI Lingkungan, Prof. dr. Agus Purwadianto menyampaikan pentingnya menghilangkan mitos tentang kanker.


Dia berharap di momen ini, empat mitos terkait kanker bisa perlahan lahan dihilangkan agar angka kejadian kanker di Indonesia menurun.

"Empat mitos yang masih sedang dihilangkan yaitu, kita tidak perlu tahu tentang kanker, tidak ada tanda dan gejala kanker, tidak yang dapat dilakukan terkait kanker, tidak ada hak dalam pelayanan kanker. Namun faktanya, kita harus tahu tentang kanker karena kanker bisa dicegah, diobat dan sembuhkan jika diketahui lebih dini," katanya saat membuka seminar Hilangkan Mitos tentang Kanker di auditorium siwabessy, Gedung Sujudi Kemenkes RI, Jakarta, Kamis (8/5/2014).

Menurut Prof. dr. Agus Purwadianto penyakit kanker bukanlah penyakit kutukan. Kanker juga diketahui bisa dideteksi tanda dan gejalanya.

“Banyak hal yang bisa dilakukan masyarakat mulai dari pencegahan dan penanggulangan kanker, serta setiap orang berhasil atas pelayanan kanker," imbuhnya.

Lebih lanjut, dia berharapan pada acara seminar ini, bisa meningkatkan kesadaran masyarakat sehingga kanker bisa dikendalikan.

"Dalam seminar ini, semoga masyarakat bisa mencegah faktor risikonya. Yaitu, ayo kenali gejala-gejala kanker, hindari merokok, hindari diet tak sehat, dan periksa payudara sendiri. Hal itu sangat penting, karena pembiayaan kanker relatif cukup tinggi dibandingkan penanganan penyakit lainnya,” bebernya.

Menurutnya, pembiayaan kanker pada Jamkesmas tahun 2012 cukup tinggi, dimana pengobatan kanker menempati urutan ke empat setelah hemodialisa, thalassemia dan TBC sebesar Rp144,7 milliar.

Qalbinur Nawawi - Okezone

Sumber : www.okezone.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...