Anak Bisa Bantu Orang Tua Berhenti Merokok

Anak - anak usia sekolah ternyata secara tidak langsung bisa membantu Orang Tua nya untuk berhenti merokok.


Sebuah penelitian di Amerika Serikatmengungkapkan, anak berperan dalam membantu orangtua benar-benar berhenti merokok ketika ayah atau ibunya menjelaskan bahaya merokok kepada anak - anaknya.

Berbicara kepada anak mengenai bahaya merokok bisa memperkuat identitas orangtua sebagai non-perokok.  "Penelitian kami penting karena menunjukkan pendekatan yang baru untuk membantu orang dewasa, khususnya orangtua dari anak-anak usia sekolah untuk berhasil berhenti merokok," kata Jackson, peneliti dari RTI International.

Penelitian ini melibatkan 700 mantan perokok dan juga anak-anaknya. Sebagian responden diberi materi edukasi bahaya merokok untuk dijelaskan kepada anak-anak. Responden lainnya tidak diberi bantuan materi edukasi. Peneliti meminta para orangtua tersambung dalam hotline berhenti merokok di Amerika untuk mengetahui bagaimana percakapan mereka dengan anak-anak berusia 8-10 tahun.

Para orangtua dalam penelitian ini rata-rata berusia sekitar 37 tahun dan telah mencoba merokok ketika masih berusia 16 tahun. Kebanyakan juga telah mencoba untuk berhenti dengan mengurangi konsumsi rokok per hari.

Dalam penelitian setahun kemudian, kelompok orangtua yang diberi materi edukasi bahaya merokok berhasil berhenti merokok. Namun, dalam penelitian akhir, hanya 465 orangtua yang masih terpantau oleh peneliti.

Memberi tahu bahaya merokok kepada anak-anak bisa memperkuat keyakinan orangtua untuk tak kembali merokok. Menurut Bricker, manusia cenderung ingin bertindak konsisten dengan apa yang mereka ajarkan kepada orang lain.

"Dengan mengajarkan kepada anak, Anda akan menganggap diri Anda lebih akuntabel. Jika Anda mengajarkannya, Anda akan mungkin untuk melakukannya pada diri sendiri," jelas Bricker.

Christine Jackson yang memimpin penelitian ini menambahkan, membahas bahaya merokok kepada anak juga mencegah anak-anak merokok kemudian hari. Ketika orang tua berhenti, anak-anak yang merokok di usia remaja kemungkinan juga akan berhenti merokok

Penulis  : Dian Maharani
Sumber : Livescience


 Tahukah Anda " ObatHerbal Kanker " Tanpa Effect Samping "info Lanjut : Klik Di Sini
 
TAGS :
 #kanker, #stroke, #tumor, #jantung ,#ginjal, #diabetes, #maag, #Kolesterol, #asamurat, #rematik, #tbc, #kankerhati, #kankerkelenjargetahbening, #kankerkulit, #leukemia, #paru, #kankerotak, #kankerpayudara, #kankerrahim, #kankerserviks, #kankerusus, #kankerrahim, #kankerlever, #merokok, #kankerparu

Comments

Popular posts from this blog

Kanker Payudara Stadium 3