Saturday 5 July 2014

Puasa Lancar, Penderita Maag Wajib Perhatikan Ini

www.obatherbaltradisionalkanker.blogspot.com
SELAMA berpuasa, asupan makan dan minum harus menjadi perhatian. Terutama bagi mereka yang memiliki gangguan pencernaan seperti maag. 


Untuk mengatasinya, ada cara yang mudah. Penderita maag yang ingin puasa harus cermat dalam memilih makanan dan minuman tepat.  Berikut tipnya sebagaimana dituturkan oleh  Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP dalam rilis yang diterima Okezone, belum lama ini. (Baca: Waktu Olahraga Terbaik, 30 Menit Jelang Buka Puasa)

- Hindari makanan minuman yang banyak mengandung gas, antara lain sayuran sawi dan kol. B buah-buahan seperti nangka, pisang ambon, erta makanan berserat tertentu misalnya kedondong dan buah yang dikeringkan

- Hindari makanan yang sulit dicerna. Pasalnya, makanan tersebut dapat memerlambat pengosongan lambung dan meningkatkan peregangan di lambung. Alhasil, asam lambungpun juga ikut meningkat.  Makanan tersebut antara lain makanan berlemak, kue tar, cokelat, dan keju.

- Hindari makanan yang secara langsung merusak dinding lambung. Makanan tersebut biasanya mengandung cuka dan pedas, merica serta bumbu yang merangsang. (Baca: Puasa Lancar, Penderita Maag Perhatikan Ini)

- Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah, sehingga menyebabkan cairan lambung naik ke kerongkongan. Makanan tersebut antara lain coklat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.

- Ada beberapa sumber karbohidrat yang harus dihindari penderita maag, antara lain beras ketan, mi, bihun, bulgur, jagung, ubi singkong, tales, dan dodol.  (Baca: Hati-hati, asam lambung naik saat puasa)

- Penderita maag dianjurkan tidak mengonsumsi minuman yang mengandung gas, seperti soda. Hindari juga minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung, kopi, minumal beralkohol 5%-20%. Anggur putih, sari buah sitrus atau susu full cream.

- Selain makanan dan minuman, penderita maag juga harus menghindari kegiatan yang meningkatkan gas di dalam lambung. Terutama setelah berbuka atau saat sahur, misalnya makan permen karet dan merokok. (fik)

Sumber : www.okezone.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...