Monday 19 May 2014

Kenali Gejala Stroke Sebelum Terlambat

Kenali Gejala Stroke Sebelum Terlambat

http://tehsarangsemutobatkanker.blogspot.com/p/blog-page.html
Stroke merupakan suatu Kegawatdaruratan Medis yang harus segera di kenali dan ditangani. Stroke dapat disebabkan oleh karena Penyumbatan pembuluh darah di otak yang dikenali dengan stroke iskemik atau juga bisa disebabkan oleh pecah nya pembuluh darah di otak atau yang dikenali dengan stroke hemorrhagik.

Seseorang yang mengalami serangan stroke harus sesegera mungkin dibawah kerumah sakit untuk mencegah berkelanjutnya kerusakandi otak dan kemungkinan untuk pulih menjadi normal


Masa golden period adalah 3 jam setelah stroke mulai menyerang. karena pada masa itu penderita masih sangat mungkin untuk terhindar dari Stroke, bila langsung ditangani dengan benar. Hal ini seperti menolong penderita untuk mengalami stroke yang lebih berat.

Bagaimana mengetahui gejalanya ?

Keterlambatan dalam penangan stroke dapat menimbulkan resiko kecacatan dan kematian, waktu merupakan hal yang sangat penting sehingga semua orang harus mengetahui gejalanya dan bertindak cepat.

Berikut ini adalah cara mudah untuk mengenali gejalanya .
Ingatlah kata " FAST " , masing-masing terdiri dari singkatan gejalanya :

F atau Face ( wajah) Mintalah orang tersebut tersenyum , apakah ada sisi sebelah wajah yang tertinggal ? apakah wajah atau matanya terlihat jereng atau tidak simetris ? jika ya , orang tersebut mungkin saja mengalami stroke.

A atau ARMS ( Tangan ). Mintalah orang tersebut mengangkat kedua tangan. Akah ia mengalami kesulitan untuk mengangkat salah satu atau kedua tangannya ?  Apakah salah satu atau kedua tangannya dapat ditekuk ?

S atau Speech ( Perkataan )  Mintalah orang tersebut berbicara atau mengulangi suatu kalimat. Apakah bicaranya terdengar tidak jelas atau pelo ? Apakah ia kesulitan atau tidak berbicara ? Apakah ia memiliki kesulitan untuk memahami yang anda katakan ?

T atau Time ( waktu ). Jika ia memiliki seluruh gejala tersebut diatas, orang tersebut mungkin mengalami Stroke. Selalu ingatlah bahwa Stroke merupakan kasus yang darurat. Anda harus segera membawa orang tersebut ke rumah sakit. Ingatlah juga mencatat waktu kapan orang tersebut mengalami gejala-gejala tersebut, untuk membantu dokter dalam menentukan terapi.

Kenali juga gejala Stroke lainnya seperti :

- Pingsan
- Kehilangan kesadaran
- Kelumpuhan tiba-tiba wajah, tangan, kaki, terutama pada sisi sebelah tubuh.
- Kesulitan melihat dengan salah satu atau kedua matanya.
- Kesulitan berjalan.
- Gangguan koordinasi atau keseimbangan.

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai topik ini, silahkan kunjungi www.klikdokter.com.

Ditulis oleh : dr.Nadia Octavia
Anggota Redaksi Medis klikdokter.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...