Sunday 18 March 2018

Ini Dia 5 Jenis Kanker yang Ternyata Bisa Disembuhkan, Di Check Ya !

https://tehsarangsemutobatkanker.blogspot.co.id/p/blog-page.html
BANYAK yang beranggapan bahwa kanker merupakan penyakit yang berbahaya serta mematikan.


Begitu sel kanker menyebar di seluruh tubuh, maka akarnya akan bertumbuh dan membuat penyakit ini bercokol dengan dahsyat di dalam tubuh.

Memang benar bahwa tidak ada jaminan bahwa kanker yang Anda derita pasti akan sembuh.
Namun, dengan kemajuan ilmu kedokteran sekarang ini, para ahli sudah menemukan bahwa ada beberapa jenis kanker yang dapat diatasi, walaupun tidak menjamin kesembuhan sepenuhnya.

Pengidap kanker memang seolah berlomba dengan waktu. Semakin cepat kanker ditemukan dan ditangani, kemungkinan untuk sembuh juga semakin besar. Jika didagnosis pada stadium I, kemungkinan bertahan hidup untuk 5 tahun masih besar, yaitu sekitar 90%.
Jika naik ke stadium 2, kemungkinannya turun menjadi 70%. Semakin tinggi stadiumnya, semakin rendah kemungkinannya untuk sembuh. Pada kanker stadium 4, kemungkinan bertahan hidup sampai 5 tahun hanya 20%. Artinya, hanya 2 dari 10 pasien yang bisa bertahan hidup sampai 5 tahun.

Kanker dapat kembali muncul, akan tetapi bila penderita tidak menderita kekambuhan dalam waktu 5 tahun paska diagnosis, maka kemungkinan sembuh pun akan meningkat drastis.

Di bawah ini Anda dapat melihat 5 jenis kanker yang memiliki peluang tinggi untuk disembuhkan, terutama bila kanker ditemukan sejak dini, sebagaimana dikutip dari dokter.id, yakni:

1. Melanoma (Kanker Kulit)

Kanker kulit atau melanoma dianggap sebagai jenis kanker yang memiliki tingkat harapan hidup tinggi pada penderitanya.

Awalnya kanker kulit dimulai dengan munculnya bercak besar, gelap, berbentuk aneh, serta timbul.
Nah, ketika kamu mengalami hal ini sebaiknya segera periksakan ke dokter agar bisa diobati dengan efektif dan tidak menyebar ke bagian tubuh lain.

Adapun peluang hidup 5 tahun setelah diagnosa adalah 91.5%.
Mengapa peluang kesembuhannya cukup tinggi? Hal ini dikarenakan melanoma dapat dideteksi secara langsung oleh mata pada stadium awal.

Bila sel kanker belum menyebar ke bagian tubuh lain selain lapisan kulit, maka tindakan pembedahan biasanya dapat mengatasi kanker kulit ini.

Akan tetapi, jika tidak ditemukan pada stadium awal, maka melanoma merupakan jenis kanker kulit yang paling sering menyebar ke bagian tubuh lain.

Selain itu, bila sel kanker sudah menyebar ke luar lapisan kulit, biasanya kanker sulit diobati.


Hanya sekitar 15-20% penderita yang dapat bertahan hidup selama 5 tahun setelah diagnosa bila sel kanker sudah menyebar.

2. Kanker Tiroid

Adapun Anda yang menderita kanker ini, peluang hidup 5 tahun setelah diagnosa adalah hampir 100%.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kanker tiroid yang paling sering ditemukan, yaitu jenis papilar biasanya tumbuh dengan lambat.

Bahkan bila kanker cukup besar atau mulai menyebar ke jaringan sekitar tiroid, tindakan pembedahan seringkali masih dapat dilakukan.

Setelah tindakan pembedahan dilakukan, penderita biasanya harus mengkonsumsi obat untuk menggantikan fungsi hormon tiroid karena kelenjar tiroid sudah diangkat.

Selain itu, sekarang ini kanker tiroid juga dapat ditemukan lebih cepat daripada sebelumnya.
Namun, bila penderita kanker tiroid jenis anaplastik (sangat jarang), maka peluang kesembuhan pun akan menurun drastis hingga 7%.

3. Kanker Testis

Dokter bisa menyembuhkan kanker testis ketika masih dalam tahap awal dan belum menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Biasanya, untuk menghentikan penyebaran sel kanker maka dokter akan menghapus testis yang terdeteksi tumor.

Lalu dilanjut dengan radiasi atau kemoterapi, maka sel kanker akan hilang secara efektif.
Adapun peluang hidup 5 tahun setelah diagnosa adalah 95.3%. Mengapa peluang kesembuhannya cukup tinggi? Hal ini dikarenakan bila kanker ditemukan pada stadium awal, maka tindakan pembedahan biasanya dapat mengatasi kanker.

Pengangkatan salah satu atau kedua buah testis dapat membantu mengatasi kanker. Jika hanya salah satu buah zakar (testis) yang diangkat, maka penderita dapat memiliki cukup hormon untuk berhubungan intim dan memiliki anak.

Bila ditemukan pada stadium lanjut, maka selain tindakan pembedahan, perlu dilakukan terapi radiasi atau kemoterapi untuk mengatasi kanker. Peluang hidup 5 tahun setelah diagnosa bila kanker ditemukan pada stadium lanjut adalah sekitar 73%.

4. Kanker Prostat
 
Peluang hidup 5 tahun setelah diagnosa adalah hampir 100%. Apa yang membuat peluang kesembuhan kanker prostat sangat tinggi? Hal ini tak lain dikarenakan sebagian besar kanker prostat tumbuh dengan lambat atau bahkan sama sekali tidak bertambah besar.

Bila demikian, maka pengobatan biasanya tidak diperlukan. Banyak pria dengan kanker jenis ini dapat hidup selama bertahun-tahun tanpa masalah dan justru meninggal karena penyebab lain.
Akan tetapi, bila sel kanker sudah menyebar (metastasis), maka pengobatan pun akan menjadi lebih sulit.

Bila demikian, maka peluang hidup penderita pun akan menurun drastis. Kabar baiknya adalah kanker prostat biasanya ditemukan pada stadium awal sebelum terjadi metastasis.

Segera periksakan diri Anda ke seorang dokter bila Anda mengalami kesulitan buang air kecil atau menemukan adanya darah pada air kemih Anda karena hal ini dapat merupakan gejala dari gangguan prostat, termasuk kanker.

5. Kanker Payudara
 
Ada 2 jenis kanker payudara. Jenis yang pertama adalah ductal carcinoma in situ (DCIS) dimana sel kanker payudara berkembang di saluran payudara.

Kemudian yang kedua adalah lobular carcinoma in situ (LCIS) atau sel kanker tumbuh di kelenjar payudara.

Ketika sel kanker masih seukuran kacang atau sekitar 2 cm, masih bisa diobati dengan mudah.
Peluang hidup 5 tahun setelah diagnosa adalah 100% bila kanker ditemukan pada stadium 0 dan 1.

Mengapa peluang kesembuhan kanker payudara cukup tinggi? Hal ini dikarenakan sekarang ini sudah banyak artikel dan iklan mengenai pentingnya mendeteksi kanker payudara sedini mungkin sehingga banyak wanita lebih cepat menyadari bila ada yang salah dengan payudaranya.
Selain stadium saat kanker ditemukan, jenis kanker juga dapat mempengaruhi peluang kesembuhan penderita.

Kanker payudara yang sensitif terhadap hormon estrogen biasanya lebih mudah diobati dibandingkan dengan kanker payudara yang tidak sensitif terhadap hormon estrogen.
Terkait hal tersebut diatas, maka diperlukan deteksi kesehatan sejak dini.

Hal itu sangat diperlukan untuk mengetahui potensi penyakit apa saja yang bisa muncul, begitu pula dengan kanker.
Karenanya, rajin-rajinlah mengontrol kesehatan tubuh Anda!


Penulis : Asmadi / Bangkapos.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...